Rabu, 21 Mei 2014

Bupati Soekirman : PNS Harus Tingkatkan Disiplin dan Prestasi Kerja


Pantai Cermin, Beritaserge
Ratusan Kepala Sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Segai) mengikuti Sosialisasi Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kegiatan yang dilaksanakan sehari penuh ini dipusatkan di objek wisata Pantai Wong Rame Kecamatan Pantai Cermin, Sabtu (10/5).
Dalam sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman saat membuka secara resmi Sosialisasi ini menyampaikan bahwa kelancaran pelaksanaan tugas pemerintahan dan pembangunan sangat tergantung pada kesempurnaan aparatur negara yakni PNS karena bertugas sebagai abdi masyarakat. Oleh karenanya PNS dituntut harus dapat menyelenggarakan dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat secara adil dan merata.

Turut hadir Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah M.Si, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik MM dan jajarannya, Muspika Pantai Cermin  seluruh Kepala Sekolah SD, SMP, SMA/SMK, SLB, SKB dan KCD serta Pengawas/Penilik se-Kabupaten Sergai.
Lebih lanjut Bupati Soekirman menyampaikan bahwa untuk mewujudkan hal tersebut, maka dalam melaksanakan tugas dan fungsinya para PNS dituntut untuk profesional dalam menegakkan disiplin dengan sungguh-sungguh. Disiplin merupakan sebuah aturan yang harus ditaati seorang PNS atas kesadaran diri. Karena keberhasilan suatu pemerintahan dalam mencapai tujuannya selain ditentukan mutu profesionalitas juga disiplin para pegawainya, ungkap Bupati.
H. Soekirman menjelaskan ketentuan mengenai Disiplin PNS itu telah diatur sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 46 tahun 2014 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS yang berlaku sejak Januari 2014 merupakan penyempurnaan dari Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1979 tentang penilaian Pelaksanaan Pekerjaan PNS yang dianggap tidak sesuai lagi dengan perkembangan keadaan dan kebutuhan hukum dalam pembinaan PNS.
Dengan adanya penilaian prestasi kerja PNS yang dilakukan berdasarkan prinsip objektif, terukur, akuntabel, partisipatif dan transparan akan dapat meningkatkan kinerja para PNS. Adapun unsur yang dinilai sebagai prestasi kerja adalah Sasaran Kerja Pegawai (SKP) yang berisi rencana kerja dan target yang akan dicapai, ujar Bupati Sergai.
Sedangkan uuntuk pembinaan pegawai ada dua sistem penilaian yang diberikan oleh pimpinan yaitu sistem karir dan sistem prestasi kerja. Oleh karena itu Bupati Soekirman berharap penilaian prestasi kerja harus dilakukan secara objektif dan benar bukan berdasarkan kepentingan, sehingga dapat memacu kinerja pegawai.
Diakhir sambutannya Bupati Sergai memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan jajarannya atas terselenggaranya kegiatan ini yang telah pro-aktif mensosialisasikan tentang Prestasi Kerja PNS dan ASN.
Sebelumnya Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik MM melaporkan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada peserta sosialisasi tentang objektifitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem karir yang dititikberatkan pada sistem prestasi kerja serta cara menyusun SKP bagi PNS.  Sosialisasi ini juga dirangkaikan dengan kegiatan urung rembug yang akan menjadi sarana menampung sumbang saran, pendapat dari insan pendidikan tentang permasalahan pendidikan dari arus bawah sehingga dapat merumuskan aturan regulasi dan kebijakan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, pungkas Kadis Pendidikan.
Pada kesempatan yang sama Miswan S.Pd sebagai perwakilan dari salah satu Kepala Sekolah menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Sergai Soekirman yang dapat hadir untuk membuka kegiatan ini dan kepada Dinas Pendidikan karena dengan diselenggarakannya kegiatan ini peserta bukan hanya mendapat ilmu tapi sebagai sarana silaturahmi bagi tenaga pendidik khususnya Kepala Sekolah.



Terima Kasih telah Membaca, agar lebih dekat dengan anda, gabung di google+ saya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomterlah yang bersifat membangun dan saling membantu. salam hangat serge.