Kamis, 01 Agustus 2013

Pemkab Sergai Gelar Shalat Tasbih

Pemkab Sergai Gelar Shalat Tasbih

Sei Rampah, B Raja Gukguk
            Ribuan jamaah yang terdiri dari jajaran Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan Dewan Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DP DWP), jajaran PNS Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) serta
masyarakat dari 17 kecamatan pada Selasa (30/7) melaksanakan shalat tasbih sekaligus pengajian di halaman rumah dinas Bupati Sergai Sei Rampah.
Sebelum melaksanakan shalat tasbih terlebih dahulu diawali dengan pembacaan QS. Yasin dan tahlil bersama secara khusyuk. Turut hadir pada acara tersebut Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, Ketua TP PKK 17 Kecamatan dan Al-Ustadz H. Ghazali Saragih.
Dalam sambutannya Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman mengemukakan bahwa pelaksanaan shalat tasbih ini merupakan agenda rutin tahunan setiap bulan suci Ramadhan. Selain sebagai wadah silaturrahmi kegiatan ini juga merupakan wujud syukur atas anugerah dan nikmat yang diberikan Allah SWT di dalam kehidupan kita.
Lebih lanjut Hj. Marliah Soekirman mengatakan bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berjamaah seperti yang dilaksanakan saat ini yakni berkumpul sesuai dengan syariat Islam. Marliah menambahkan ada empat waktu berjamaah yang disunnahkan Nabi Muhamamad SAW yakni pertama berjamaah saat melakukan shalat lima waktu sehari semalam, kedua berjamaah sekali dalam seminggu yaitu melaksanakan shalat jumat. Kemudian yang ketiga berjamaah dua kali dalam setahun yaitu pada saat shalat Idul Fitri dan Idul Adha dan yang keempat, berkumpul di padang arafah dikemudian hari.
Sebelumnya Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah melaporkan rangkaian kegiatan yang dilakukan TP PKK, DWP dan PAUD Sergai. Pelaksanaan shalat tasbih ini merupakan rangkaian kegiatan pengajian yang terakhir di bulan Ramadhan 1434 H. sebelumnya telah dilaksanakan pengajian di Mesjid Jami’ Kecamatan Dolok Masihul dan Mesjid Sulaimaniyah Kecamatan Perbaungan.
Selain pengajian juga dilaksanakan pemberian santunan berupa 1.700 paket sembako yang diserahkan secara langsung oleh Ibu Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah kepada kader PKK dan kaum dhuafa di 17 Kecamatan se-Sergai. Sedangkan DP DWP Sergai juga memberikan bingkisan lebaran kepada 150 PNS jajaran Pemkab Sergai untuk Golongan I dan II serta tenaga honorer, jelas Hj. Imas Fadillah.
Ditambahkan Ny. Hj. Imas, Pengurus Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sergai turut memberikan bantuan 390 bingkisan lebaran kepada para guru PAUD . Tujuan dilaksanakannya serangkaian kegiatan ini adalah untuk meningkatkan amal ibadah, iman dan taqwa serta mengharapkan ridho dari Allah SWT.
Diakhir kegiatan ini diisi dengan siraman rohani oelh Al-Ustadz H. Ghazali Saragih menjelaskan bahwa Sholat Sunnat Tasbih adalah sholat empat raka’at yang didalamnya ada baca’an tasbih sebanyak 300 kali, setiap raka’atnya ada baca’an tasbih sebanyak 75 kali. Shalat tasbih ini dikerjakan paling tidak minimal sekali seumur hidup, tetapi kalau mampu boleh mengerjakannya setahun sekali, sebulan sekali, seminggu sekali, dan atau setiap malam, yang setiap malam itulah yang terbaik bila mampu. Hikmah sholat tasbih itu adalah menjadikan dosa diampuni oleh Allah, baik yang telah lewat maupun yang baru saja terjadi, dan bahkan dapat memberatkan timbangan amal baik nanti di hadapan Allah SWT.
Diakhir tausiyahnya Al-Ustadz Ghazali menjelaskan bagaimana mencari pahala akhirat untuk bekal di yaumil akhir kelak, yang pertama siapa yang menghidupkan sunnah Nabi ketika umatnya banyak yang telah lalai  maka kita akan mendapat pahala sebesar 100 orang mati syahid, kedua siapa yang melangkahkan kakinya untuk melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan, Allah akan memberikan pahala setiap langkahnya sebesar ibadah selama satu tahun dan akan bersama Nabi Muhammad SAW ditempat yang sebaik-baiknya di surga. Sedangkan ketiga bagi siapa yang terus berjamaah di masjid pada bulan Ramadhan akan diberikan Allah pahala sebesar 1 kota yang diberi nikmat, keempat bagi istri yang menuntut ridho suami di bulan Ramadhan akan diberikan pahala seperti Asiah (istri Fir’aun) dan Maryam (ibu Nabi Isa AS), yang terakhir kepada siapa yang mencukupi keperluan saudaranya di bulan Ramadhan akan diberi 1000 kecukupan di hari kiamat, tandas al-Ustadz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomterlah yang bersifat membangun dan saling membantu. salam hangat serge.